Beberapa Wisata Air Terjun yang Ada di Malang. Mana yang pernah kamu kunjungi???

by @didin_emelu taken at Coban Ciblungan, Malang

Coban Ciblungan berada di Desa Purwoharjo, Ampelgading, Kabupaten Malang. Letaknya tak jauh dari perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang. Perjalanan dari Kota Malang kurang lebih waktu tempuhnya 2,5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dari Kota Malang bisa mengambil arah ke Pantai Balaikambang lalu mengambil arah ke Turen, lalu Dampit, Tirtoyudo, Ampelgading, dan terus menuju Purwoharjo.  Nantinya, wisatawan akan menemukan jalan yang berada di sebelah kanan sebelum gapura perbatasan. Terdapat papan penunjuk arah, wisatawan dapat berjalan sepanjang kurang lebih 50 meter untuk menuju Coban Ciblungan.

Photo by @uubed taken at Coban telaga warna, Malang

Berlanjut dari postingan sebelumnya di coban ciblungan, kita bisa mngeksplor sebuah air terjun yang berjarak 1 km dari ciblungan menuju ke air terjun Telaga warna sehingga dapat di tempuh selama 10 menit perjalanan..Air terjun telaga warna adalah sebuah air terjun yang terletak di desa sidorenggo kecamatan ampelgading kabupaten malang.

photo by @didin_emelu taken at Coban Tundo, Malang

Wisata air terjun Coban Tundo ini tepatnya berada di desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kalau dari kota Malang sih kalian perlu berkendara lagi sekitar 130-an Kilometer. Cukup jauh sih memang, tetapi kalau ke Malang, air terjun ini layak untuk kalian kunjungi!

photo by @ayaayawae_ taken at Coban Putri, Malang

Coban Putri, Coban yang satu ini terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu Malang. Mungkin yang rumahnya malang batu sudah tahu tempat ini namun untuk pendatang atau dari luar kota malang belum mengerti wisata coban putri ini. Coban Putri juga dekat dengan coban Rais jaraknya sekitar 1,5 km, Air tejun ini memiliki ketinggian Kuang Lebih 20m. Walaupun Tidak se Eksotik coban Rais air terjun ini tak kalah indah dan segar dengan coba-coban di malang lainya loh. Untuk ke tempat ini lebih mudah menggunakan kendaraan roda dua.
photo by @_faizin_ taken at Coban Jahe
Rute jalan menuju air terjun Coban Jahe Malang, jika dari kota Malang patokannya setelah melewati gapura selamat datang di Kota Tumpang, ada penunjuk arah menuju Coban Jahe Waterfall tidak jauh dari gapura tersebut. Dari sini ada pertigaan jalan masuk ke arah kiri, menuju perkampungan penduduk. Jalan yang harus dilalui hingga lokasi air terjun masih sekitar 7 km lagi. Sepanjang jalur tidak banyak penunjuk jalan, jadi harus sering bertanya kepada penduduk setempat. Perlu diperhatikan jika 1,5 km sebelum lokasi air terjun Coban Jahe, rute jalan masih berupa jalan setapak. Beberapa bagian bahkan harus melewati pematang sawah. Jika sedang musim hujan kondisinya becek dan licin. Jadi tidak disarankan menggunakan kendaraan bermotor, lebih baik berjalan kaki sambil menikmati pemandangan sepanjang jalan.
photo by @yslarasati taken at coban talun, malang
Lokasi menuju Coban Talun Jaraknya kurang lebih 15 km dari kota malang. Untuk menuju ke lokasi dari kota Malang bisa ditempuh dengan naik bus mini dari terminal Landungsari,atau naik angkota, kemudian turun di terminal Batu, perjalanan dilanjutkan dengan naik Angkot lagi jurusan sumber Brantas. Dan supaya kalau mau turun bilang pada pak supir turun di coban talun, setelah itu dilanjutkan dengan jalan kaki menuju lokasi, di sana ada penunjuk jalan ke coban Talun sedangkan bagi yang membawa mobil pribadi bisa langsung menuju lokasi.
Kondisi jalan menunju lokasi sudah bukan berupa aspal mulus, melainkan jalan berbatu namun menurut perkiraan saya masih cukup aman untuk dilewati kendaraan roda empat .
Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun kita akan menjumpai banyak tanaman buah kesemek yang tumbuh di halaman rumah dan kebun warga, yang menggugah selera.
photo by @ahmad_anjarwicaksono taken at Coban Kedung Jembar, malang
Lokasi Kedung Jembar terletak di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang atau tepatnya berada di Desa Sumberoto. Rute menuju lokasi kalau dari pusat Kota Malang silahkan arahkan kendaraan anda menuju pasar kepanjen, kemudian dilanjutkan ke arah Kecamatan Donomulyo hingga tiba di pertigaan jalur lintas selatan, kemudian lanjutkan hingga ke permukiman warga sebelum melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kuran lebih 1 km. Apabila takut kesasar, anda bisa bertanya kepada warga sekitar mengenai arah menuju Kedung Jembar atau warga sekitar menyebutnya Kletek Watu Ijo.
Nah mana yang sudah kamu kunjungi??? kalau belum segera aja kesana guys!
Oh ya kemanapun tujuan wisatamu ke kota Malang menginapnya di Jona’s Homestay saja 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Follow by Email
Facebook
Instagram